Jumat, 27 Maret 2009

Habis 3G Terbitlah 3,5G

Setelah kehadiran generasi ketiga 3G, kini hadir teknologi baru 3,5G. Teknologi mutakhir ini mempunyai banyak kelebihan dari teknologi sebelumnya terutama dalam hal kecepatan. Teknologi 3,5G berbasis HSPDA dikembangkan dari W-CDMA (Wideband CDMA) dan
memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS).

3,5G dapat melayani komunikasi multimedia seperti akses internet dan videosharing. Wideband Code Division Multiple Access ADSL : Asymmetric Digital Subscriber Line Aplikasi Teknologi 3,5G ini memungkinkan penggunanya untuk men-download beragam sajian multimedia, seperti streaming video, streaming musik, mobile TV, online game, Movie Trailer, Animation, Music Video Clip, Single Player Games, Sport Video Clip,Financial News, Full Track Song dan Live Trafic, download karaoke dengan kecepatan tinggi, sambil tetap melakukan video call dengan mulus tanpa terganggu proses transfer datanya. Kegunaan lain teknologi 3,5G yang paling sering dimanfaatkan saat ini adalah menjadi internet broadband HSDPA atau disebut juga modem. 3,5G dengan HDPDAnya mampu mentransmisikan data sepuluh kali lipat dari 3G.

Banyak telepon seluler yang berlomba-lomba menawarkan internet dengan fasilitas 3,5G. Operator-operator seluler yang menggunakan teknologi ini adalah Telkomsel, Indosat, dan XL.

Pada umumnya, apa yang ditawarakan operator seluler ini sama saja yaitu sama-sama menyediakan paket internet broadbrand cepat yang mengacu pada besarnya quota download yang digunakan pelanggan.

Dengan kecepatan yang dimiliki oleh 3,5G telah memberikan angin kebahagian bagi masayarakat. Masyarakat dapat menikmati komunikasi audiovisual maupun akses data dengan cepat dimana pun mereka berada.

Kemudahan-kemudahan yang ada dalam teknologi 3,5G ini membuat banyak orang ingin memiliki dan menyebabkan bertambahnya tingkat konsumtif masyarakat. Selain itu, 3,5G juga dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Dengan 3,5G tidak akan ada lagi delay suara atau gambar di layar posel pada saat ber video call, sehingga kita terkesan ”live”.

3,5G memiliki Kekurangan seperti jangkauan yang kurang luas. Banyak kota-kota kecil yang belum mengetahui kebaradaan teknologi ini. Selain itu harganya juga tidak terlalu murah. Sehingga hanya orang-orang dan lingkungan tertentu yang dapat memakai fasilitas 3,5G. Ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Batapa bahagianya kita yang tinggal di tempat yang serba up 2 date. Informasi apa pun bisa kita dapatkan dengan cepat....iyaa kn???hehehe










Tidak ada komentar:

Posting Komentar