Rabu, 18 Maret 2009

Infotainment berita atau Hiburan???

Yogyakarta, 14/3 – Dalam rangka acara Communication Freak yang diadakan oleh mahasiswa ilmu komunikasi UPN ’V’ menyelenggarakan sebuah seminar yang bertema ”Jurnalisme Infotainment, Berita ataukah Hiburan Semata?” pada Selasa (10/3) pikul 10.00 yang dilaksankan di Gedung Agus Salim, ruang Seminar FISIP UPN ’V” Yogyakarta.

Seminar ini turut mengundang Raldy Doy (Corporate Communication TV One), Prof. Sasa Djuarsa Sendjaja Ph.D (ketua KPI), dan Erika Andriarini (exproduser Pelaksana Program Silet RCTI) serta sebagai moderator Bapak Agung (akademis UPN ‘ V’).

Dalam pembahasan singkat yang dibuka oleh Prof. Sasa Djuarsa selaku ketua KPI, menjelaskan bahwa infotainment yang ada sekarang ini sudah jauh dari etika-etika jurnalisme. Menurut beliau, infotainment merupakan “Yellow Jurnalisme”. Hal ini di sebabkan karena infotainment merupakan tontonan kelas bawah yang kurang berpendidikan.

Sedangkan Erika sebagai exproduser program Silet RCTI menyebutkan bahwa infotainment itu dapat mencerdaskan. Ini disebabkan karena menurut beliau infotainment itu dalam proses produksinya mempunyai quality control yang sangat ketat.

Berbeda dengan Raldy Doy sebagai Corporate communication TV One, dia menjelaskan betapa pentingnya sebuah media, terutama televisi. Raldy menyebutkan bahwa televisi adalah sebuah media yang berfungsi sebagai alat dramatiasasi suatu keadaan. Sehingga sangat penting bagi suatu berita.

Kemudian diakhir seminar diadakan Games seru dan yang berkaitan dengan dunia pertelevisian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar